Syi'ar

Birrul Walidain

BIRRUL Walidain adalah bagian dalam etika Islam yang menunjukan kepada tindakan berbakti (berbuat baik) kepada kedua orang tua.

BIRRUL Walidain adalah bagian dalam etika Islam yang menunjukan kepada tindakan berbakti (berbuat baik) kepada kedua orang tua. Yang mana berbakti

kepada orang tua ini hukumnya fardlu (wajib) ‘ain bagi setiap Muslim, meskipun seandainya kedua orang tuanya adalah non muslim. muslim wajib mentaati setiap perintah dari keduanya selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan perintah Allah. Dalam Islam tidak saja ditekankan harus menghormati kedua orang tua saja, akan tetapi ada akhlak yang mengharuskan orang yang lebih muda untuk menghargai orang yang lebih tua usianya dan yang tua harus menyayangi yang muda. Islam menempatkan birrul walidain ini sebagai kewajiban dengan urutan nomor dua sesudah beribadah kepada Allah dan sebaliknya menempatkan ‘Uququl walidain sebagai larangan dengan urutan nomor dua sesudah syirik (menyekutukan Allah). Alangkah penting dan gawatnya urusan orang tua di dalam ajaran Islam. Allah Ta’ala berfirman : Sembahlah Allah dan janganlah kalian sekutukan Dia dengan sesuatu apapun. Dan bersikaplah baik kalian kepada dua orang tua dengan sikap baik yang sesungguhnya. (QS. An-Nisa’ 36)
Pada umumnya, birrul walidain hanya kita anggap sebagai kewajiban keagamaan ukhrowi yang akan mendapat balasan pahala besar bagi para pelakunya dan akan mendapat siksa yang pedih bagi yang bersikap sebaliknya yaitu ‘uququl walidain. Pandangan yang demikian ini sepenuhnya adalah benar. Pemeluk Islam seharusnya pertama kali menilai segala sesuatu dari sudut ukhrowinya. Melakukan sholat umpamanya, pertama kali harus kita pandang sebagai kewajiban yang ditetapkan oleh Allah dengan sangsi ukhrowi, tidak harus dipertimbangkan dahulu untung rugi duniawi bagi pelakunya. Membayar zakat umpamanya, pertama kali harus kita pandang sebagai kewajiban ukhrowi sebelum kita memikirkan manfaatnya bagi kepentingan duniawi. Pada dasarnya, setiap orang yang normal memiliki kecenderungan untuk bersikap baik terhadap orang tuanya (birrul walidain). Naluri dan akal sehat manusia selalu mengarah demikian, sama dengan adanya kecenderungan pada setiap orang mencintai anaknya, berani bersusah payah dan berkorban untuk kepentingan anaknya. Dua macam kecenderuangan timbal balik ini merupakan tanda bukti kemahabijaksanaan dan kemahabesaran Allah SWT. Bayangkan, seandainya tidak ada lagi manusia yang cinta anak dan tidak ada lagi anak yang bersikap baik terhadap orang tua. Birrul walidain adalah salah satu kunci kesuksesan seorang anak, baik di dunia maupun di akhirat. Ketika hari ini kita merasa banyak gangguan, rintangan, masalah yang datang silih berganti, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan hubungan dan akhlak kita kepada orangtua yang kurang baik. Untuk menjaga hubungan kita dengan kedua orangtua tetap terjaga, agar segala urusan kita dilancarkan oleh Allah, agar kita mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Berikut ini beberapa keutamaan birrul walidain :
1. Merupakan suatu amal yang utama. Dari Abdullah bin Mas’ud RA ia berkata: Saya bertanya kepada Nabi SAW: Amal apakah yang paling disukai oleh Allah Ta’ala ?. Beliau menjawab : Sholat pada waktunya. Saya bertanya lagi : Kemudian apa ?. Beliau menjawab : Berbuat baik kepada kedua orang tua. Saya bertanya lagi Kemudian apa ?. Beliau menjawab : Berjihad (berjuang) di jalan Allah.
2. Akan mendapatkan ridlo Allah melalui ridlo orang tua. Ridlo Allah tergantung kepada keridloan orang tua dan murka Allah tergantung kepada kemurkaan orang tua.
3. Tiket menuju surga. Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Jika engkau ingin maka sia-siakanlah pintu itu atau jagalah ia.
4. Memperlancar rezeki dan panjang umur. Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orangtuanya dan menyambung silaturahim. Tunggu apalagi, mari kita muliakan kedua orang tua kita, niscaya surga akan berhias menanti dan menyambut kehadiran kita semua, Wallahu a’lamu bish showab
 


Last Update: 29-08-2018 14:24

 [Indeks]
Home | Profil | Daftar donator | LSES | Berita | Kontak
Visit us Online:  Facebook Youtube
Hak Cipta 2013 LAZIS Sabilillah Malang