Kolom Utama

TP2GP Verifikasi Lapangan Pengusulan Pahlawan Nasional KH. Masjkur

Proses panjang pengusulan Gelar Pahlawan Nasional untuk almaghfurlah KH. Masjkur akhirya masuk tahapan verifikasi data-data di lapangan.

Proses panjang pengusulan Gelar Pahlawan Nasional untuk almaghfurlah KH. Masjkur akhirya masuk tahapan verifikasi data-data di lapangan. Verifikasi data ini dilakukan oleh Kementerian Sosial dengan menerjunkan sejarawan anggota Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pahlawan (TP2GP) ke Malang. Tim diwakili oleh Prof (riset) Dr Muhammad Hisyam MA (anggota TP2GP dari unsur Sejarawan LIPI) dan Sukamto (Derektorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos RI). Sebagaimana disampaikan oleh Prof Hisyam, verifikasi ini dilakukan untuk memastikan kebenaran dan validitas informasi-informasi yang diajukan di berkas pengusulan. TP2GP harus meneliti ulang sebagai pelengkap data-data yang sudah ada sekaligus menyempurnakan data dan informasi yang belum ada dalam dokumen berkas KH. Masjkur. “Hasil verifikasi ini sekaligus hasil penelitian pengembngan dari tim akan dijadikan bahan pertimbangan dalam sidang penentuan CPN (Calon Pahlawan Nasional, red.) yang di selenggarakan oleh TP2GP untuk dilanjutkan ke Presiden melalui Sesmil (Sekertariat Militer. red) dan Dewan Gelar” imbuh profesor jebolan Universitas Leiden Belanda tersebut. Pada hari pertama (Senin, 7/8/2018), tim melakukan verifikasi administrasi ke Dinas Sosial Kota Malang yang ditemui langsung oleh Sekretaris Dinas Sosial Dra. Pipih Triastuti. Kemudian dilanjutkan pada hari kedua (Selasa, 8/8/2018) dengan melakukan verifikasi ke situs-situs sejarah dan peninggalan KH. Masjkur sebagaimana yang tercantum dalam berkas-berkas pengajuan Gelar Pahlawan Nasional.

Pada hari kedua ini, pertama-tama tim mengunjungi Yayasan Sabilillah dan ditemui oleh Prof Dr H M Mas’ud Said MM selaku ketua Yayasan Sabilillah bidang Sosial Masyarakat, didampingi oleh Prof Dr KH Kasuwi Saiban ketua tim pengusul dari Malang (TP2GD, red) bersama para timnya yaitu Dr M Faisol Fatawi, Hayat S.AP M.Si, Abdur Rahim SS M.Pd, Heru Pratikno ST, Najib Jauhari MHum, dan pengurus Yayasan Sabilillah. Pada saat di Sabilillah ini, tim dari Kemensos RI di ajak untuk melihat Aula KH. Masjkur, Masjid Raya Sabilillah, SDI-SMPI-SMAI Sabilillah, Monumen Perjuangan Sabilillah, Asrama Sabilillah, Klinik Sabilillah,Koperasi dan LAZIS Sabilillah.

Setalah dari Yayasan Sabilillah, tim melanjutkan ke Singosari untuk mengunjungi Masjid Jamik Hizbullah, rumah peninggalan KH. Masjkur, Yayasan Al Maarif Singosari (MI, MTs, SMPI, SMAI, MA, dan SMK), Monumen Obor Revolusi Pejuang 45, dan diakhiri dengan ziarah ke makam KH. Masjkur di Masjid Bungkuk. Setelah dari Singosari, verifikasi dilanjutkan ke RSI UNISMA, dan kampus Universitas Islam Malang (UNISMA). Pada saat di UNISMA, kunjungan diterima langsung oleh Rektor Prof Dr H Masykuri Bakri dan Pengurus Yayasan Dr. H Mochtar Data beserta jajarannya. Setelah makan siang di gedung rektorat, verifikasi dilanjutkan dengan mengunjungi Aula Rapat KH. Masjkur di Lantai 4 Gedung Kantor Yayasan UNISMA. Sebelumnya, pada Senin 23 April 2018, tim pengusul dari Malang secara resmi menyerahkan berkas-berkas pengusulan kepada Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Direktorat Pemberdayaan Sosial. Berkas tersebut diterima langsung oleh Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial, Drs Hotman MSi. [Heru Pratikno/Abdur Rahim].

 



Last Update: 29-08-2018 07:56

 [Indeks]
Home | Profil | Daftar donator | LSES | Berita | Kontak
Visit us Online:  Facebook Youtube
Hak Cipta 2013 LAZIS Sabilillah Malang