Ekonomi Islam

Pentingnya Membangun Kerjasama Dalam Bisnis

Dalam kehidupan ini, kita tidak bisa sendirian. Masng-masing orang punya kelebihan, akan tetapi disisi lain juga punya banyak kekurangan. Masing-masing juga punya karya, tetapi tidak bisa memenuhi semua kebutuhannya. Selalu masih dibutuhkan karya dari fihak lain.

Dalam kehidupan ini, kita tidak bisa sendirian. Masng-masing orang punya kelebihan, akan tetapi disisi lain juga punya banyak kekurangan. Masing-masing juga punya karya, tetapi tidak bisa memenuhi semua kebutuhannya. Selalu masih dibutuhkan karya dari fihak lain. Tak ada yang sempurna, kecuali Allah swt. Dalam dunia bisnis juga demikian. Ada yang bisanya produksi, ada yang kuat di distribusi, ada juga yang ahli marketing, dan lain sebagainya. Masing-masing tentu tak bisa menjalankan bisnis dengan menguasai segalanya. Diperlukan pihak lain untuk mengoptimalkan apa yang ada, untuk menutupi kekurangan yang mendera, dan menambal kelemahan yang dipunya. Dua alenia tulisan di atas, menggambarkan pentingnya kita untuk bekerjasama dalam meningkatkan nilai dalam sebuah karya. Islam telah mengajarkan bahwa tidak ada Islam kalau tidak ada kerjasama, tidak ada kerjasama kalau tidak ada pemimpin, dan seterusnya. Ayat Alqur’an juga memerintahkan kita untuk bekerjasama dalam kebaikan “Bekerjasamalah kalian dalam kebaikan dan ketaqwaan dan jangan bekerjasama dalam keburukan dan kerusakan”. Ini menggambarkan betapa Islam juga memandang pentingnya membangun kerjasama dalam kebaikan agar apa yang kita perbuat menjadi lebih optimal. Pepatah bijak mengatakan : keburukan yang terorganisir

akan menjadi lebih kuat dari kebaikan yang tidak terkerjasamakan dengan baik. Bisnis yang kita bangun sangat memerlukan kerjasama dalam segala bidang, karena kita tidak mungkin mampu melayani semua dalam kesempurnaan. Sebagai contoh seorang pengusaha kuliner tidak akan bisa bekerja dengan baik tanpa pedagang bumbu, penyedian ikan, pemasok tahu, petani padi dan kedelai, dan lain sebagainya. Setiap pedagang pasti membutuhkan pemasok, kepastian jalur distribusi, dan beberapa pihak yang terkait agar harga barang yang dijual dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan kemampuan daya belinya. Beberapa hal yang harus ditekankan dalam pengembangan kerjasama yang baik dalam dunia bisnis, antara lain :

Pertama, kerjasama harus dibangun dengan nilai kepercayaan diantara beberapa fihak yang melakukan kerjasama. Bisnis adalah bagaimana membangun kepercayaan, dan bukan hanya persoalan yang berkaitan dengan uang dan pendapatan. Jika kepercayaan datang, konsumen akan dapat menjadi pelanggan setia, dan jika perlu memberitahukan kepada yang lain.

Kedua, dalam kerjasama harus ada nilai lebih yang diciptakan. Itulah yang

disebut dengan bersinergi. Bagi orang yang bekerjasama, satu ditambah satu, hasilnya harus lebih dari dua. Tidak boleh tetap dua. Dengan demikian, kerjasama akan dapat membuat bisnis lebih berkembang, lebih maju, dan lebih berdaya saing. Ketiga, terus bekerjasamalah dengan prinsip saling menguntungkan. Tidak boleh dalam kerjasama, salah satu fihak dirugikan karena mementingkan diri sendiri. Masing-masing fihak harus memperoleh manfaat dari kerjasama.

Ketiga, kerjasama harus dibangun dalam waktu yang berjangka panjang agar manfaatnya tidak lekas habis. Dengan demikian, perjalanannya lebih terukur dengan daya manfaat yang terus meningkat, sehingga menguntungkan kedua belah fihak.

Keempat, pengembangan kerjasama harus dapat saling mengisi ruang kosong. Setiap pihak yang bekerjasama pasti ada kekurangan yang bisa ditutupi oleh fihak lain yang menjadi patner kerjasama. Pola ini akan akan dapat memperbaiki manajemen usaha pada para pihak. Demikianlah, tidak yang buruk dari kerjasama yang dibangun oelh para wirausaha, karena pada hakekatnya disamping saling menguntungkan kedua belah fihak, juga akan dapat meningkatkan layanan, daya jangkau, kecepatan distribusi produk, dan lain sebagainnya yang akan meningkatkan kepercayaan konsukem atas usaha yang sedang kita kembangkan. Makin bagus kerjasama, makin cepat pula pertumbuhan dan perkembangan usaha. Bagaimana dengan anda?



Last Update: 04-08-2018 13:31

 [Indeks]
Home | Profil | Daftar donator | LSES | Berita | Kontak
Visit us Online:  Facebook Youtube
Hak Cipta 2013 LAZIS Sabilillah Malang