Profil Santunan

Bantuan Sarana Air untuk Mushola Al Ikhlas Kalipare

KEGIATAN kunjungan ke luar daerah Kota Malang adalah merupakan kegiatan rutin LAZIS Sabilillah untuk tujuan melihat langsung daerah-daerah pinggiran kota atau kabupaten Malang.

Dengan melihat langsung keadaan masyarakat dan kondisi masyarakat serta sarana prasarana dakwah di luar daerah akan mengispirasi tim LAZIS untuk menyalurkan dana amanah donatur dengan tepat sasaran dan tepat guna. Kunjungan tersebut dijadwalkan setiap 2  bulan sekali menyesuaikan jadwal dan kegiatan rutin yang telah di rencanakan setiap bulan untuk pembinaan  keluarga binaan, TPQ dan Musolla binaan yang terdaftar dalam mustahik LAZIS Sabilillah. Tujuan kunjun- gan juga untuk meratakan pendistribusian dana Zakat, Infaq, Shodaqoh (ZIS) yang di amanahkan kepada lembaga, karena area kerja dan distribusi dana lembaga hanyalah berada di area wilayah Malang dan sekitarnya saja. Beberapa daerah yang telah dikunjungi LAZIS adalah wi- lyah Batu, Lawang, Singosari, Tumpang, Poncokusumo, Dampit, Bantur, Pakissaji, Kepanjen, Gondanglegi, Sumber Pucung, Kromengan dan banyak lagi. Pada bulan Syawal, 9 Agustus 2014 kunjungan LAZIS Sabilillah berada di wilayah Kalipare Kabupaten Malang te- patnya Jl. A. Yani Dusun Krajan Kalipare. Kalipare merupakan salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Malang bagian selatan.
Lokasinya berada di selatan Bendungan Sutami, Karang Kates. Mempunyai wilayah Topologi yang menarik karena hutan -hutan nya dan perbukitan yang tertata dengan indah, Sebagian besar wilayah Kalipare di dominasi hutan, walaupun daerah ini dekat dengan sumber pembangkit tenaga Listrik (PLN) namun herannya jalan – jalan di wilayah tersebut selalu gelap gulita sepan- jang malam, kecuali hanya di rumah- rumah penduduk  yang ada penerangan. Lebih lagi saat ini Bendungan Sutami di tutup dalam area perbaikan entah sampai kapan hingga untuk menuju perkampungan masyarakat di haruskan melewati daerah selatan yang se- makin jauh karena memutari wilayah hutan lebat yang kalau malam sangat gelap tanpa ada penerangan sedikitpun hingga sangat rawan keamanan kalau menuju perkam- pungan penduduk dengan jarak sekitar 7 km perjalanan dalam keadaan gelap gulita. Musolla Al – Ihlas Krajan  Kalipare adalah sasaran Kunjungan pada bulan ini. Melihat kondisi fisik musolla seakan musolla ini sudah cukup baik, namun musolla yang sudah berdiri sejak pulu- han tahun yang lalu itu ternyata belum memiliki sarana air untuk wudhu jamaah yang ada, hingga untuk kebutuhan itu ja- maah harus numpang  air tetangga untuk sekedar wudhu untuk sholat. Lebih lagi ta’mir musolla Ust. Khoiri yang juga pengasuh Taman Pendidikan Alqur’an
(TPQ)  mengatakan di musolla tersebut telah ada 70 anak didik setiap sore dan malam untuk belajar Al Qur’an dan  sagat- lah membutuhkan sarana air yang cukup, meski kini sudah ada saluran air yang di salurkan dari tetangga namun kebutuhan air yang di butuhkan sangatlah kurang dan harus antre jika bersamaan karena daya tampung air yang disediakan sangat kecil dan harus berbagi dengan pemilik rumah. Untuk itulah LAZIS Sabilillah hadir bersama tim (09-08-14) untuk membantu ta’mir dan jamaah musola Al Ihlas dalam pengadaan sarana air untuk musolla tersebut dengan mengawali berdialoq dan musyawarah bersama para sesepuh dan tokoh masyarakat kalipare untuk dapat- nya pada bulan agustus 2014 ini dapat menyelesaikan kebutuhan pengadaan air musolla yang sudah di inginkan sejak lama. Untuk kepentingan itu LAZIS telah menyanggupi untuk pengadaan semua perlengkapan  pompa air yang dibutuhkan termasuk pembuatan tempat/ pengecoran untuk tempat tendon air  yang dikerjakan bersama warga  dengan waktu penyelesaian 14 hari sejak kehadiran tim LAZIS. Dengan tanpa menolak bantuan warga sekitar yang mau berpartisipasi tenaga maupun dana berharap jadwal penyelesaian akan sesuai rencana. Semoga amal yang kita berikan dapat memberikan manfaat fiddunya wal akhirot. Amin. (Csu)
 



Last Update: 20-08-2014 03:41

 [Indeks]
Home | Profil | Daftar donator | LSES | Berita | Kontak
Visit us Online:  Facebook Youtube
Hak Cipta 2013 LAZIS Sabilillah Malang