Lain-lain

Program Nutrisi dan Gizi Tambahan Lazis Sabilillah Keluarga Sehat, Ibadah Kuat, Ekonomi Hebat

DAYA tahan tubuh, daya fikir otak, dan kecerdasan ditentukan banyaknya asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Pun juga tidak dipungkiri latar belakang se­ buah keluarga, pendapatan sehari­hari dari keluarga juga berpengaruh dengan apa yang dapat diperoleh dan dimakan oleh anggota keluarga tersebut, termasuk anak­anak yang ada di dalamnya. Permasalahan inilah yang coba dilihat LAZIS Sabilillah sebagai lembaga sosial yang di dalamnya juga memberikan pembinaan secara rutin kepada anak­anak asuh serta keluarganya. LAZIS Sabilillah menilai sangat perlu sekali adanya pen­ ingkatan dari berbagai sisi. Peningkatan sisi ekonomi keluarga, sisi kecerdasan, serta pola pikir anak, sisi keagamaan dan peribadatan keluarga. Pada masa ini, dari tiga sisi tersebut diharapkan dengan meningkatnya pola kecerdasan dapat menarik serta me­ ngangkat pula sisi peribadatan maupun ekonomi keluarga. Namun tidak terlepas
pula sisi kesehatan yang paling utama. Oleh karenanya, penambahan gizi dan nutrisi dapat berefek pada beberapa hal yang jadi incaran utama untuk dapat ditingkatkan serta diperbaiki. Awalnya, Program Pemberian Nutrisi dan Gizi tambahan kepada sekitar 120’an anak­anak asuh lembaga hanya difokus­ kan kepada anak – anak saja. Namun me­ lihat manfaat serta fungsinya yang dapat dilihat, maka seluruh peserta kajian dan pembinaan rutin juga mendapatkan nutrisi dan gizi tambahan tersebut. Beraneka ragam nutrisi yang dibagi­ kan diantaranya bubur kacang hijau, sup sehat, maupun susu murni. Selain pembe­ rian nutrisi dan gizi tambahan terkadang juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis kepada anak­anak asuh dan orang tua wali asuh. Pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan secara periodik 2 atau 3 bu­ lanan. Dengan mendatangkan dokter ahli gizi dan dokter umum bagi pemeriksaan kesehatan secara umum.
Program ini digagas sejak tahun 2008 silam. Yang pelaksanaannya dilakukan ber­ samaan dengan dilaksanakannya program Pembinaan serta Kajian Keluarga Mandiri rutin pada setiap bulan. “Setiap bulan kita setidaknya menyiapkan sekitar 70 liter susu murni yang mana kita bagikan secara gratis kepada keluarga binaan dan anak – anak asuh” Sofian Arief, selaku Koordinator Pendayagunaan menyampaikan. Anak – anak asuh yatim dan dhuafa yang kadang kala juga datang bersama dengan orang tua atau wali asuh mer eka. Hampir sekitar 200’an anak beserta orang tua mereka rutin mengikuti acara pembinaan ini. Dilaksanakan secara rutin setiap satu bulan sekali. Selain memperoleh nutrisi dan gizi tambahan. Biasanya acara pembi­ naan dilangsungan dengan mendatangkan pembicara dari berbagai latar belakang. Dengan harapan, berbagai permasalahan dan polemik di rumah keluarga binaan dapat terpecahkan. (Mad*)



Last Update: 26-09-2014 02:33

 [Indeks]
Home | Profil | Daftar donator | LSES | Berita | Kontak
Visit us Online:  Facebook Youtube
Hak Cipta 2013 LAZIS Sabilillah Malang