Penitipan Anak


Sumber daya manusia yang berkualitas adalah salah satu aset yang penting bagi kemajuan suatu negara terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut pendidikan harus dikembangkan, terutama pendidikan anak usia dini. Seperti diketahui bahwa belajar harus dimulai dari belaian hingga sampai liang lahat. Menyadari bahwa hal tersebut sangat penting, maka harus diberikan pendidikan yang terbaik untuk buah hati tercinta.

 

Kian menjamurnya wanita-wanita yang bekerja memaksakan mereka untuk melepas buah hatinya, mempercayakan pengasuhan kepada pembantu, maka Rumah Penitipan Anak Sabilillah hadir ditengah-tengah masyarakat ingin memberikan pelayanan, pengasuhan dan pendidikan. Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Maka usia dini (0 – 6 tahun) merupakan masa keemasan (golden age), yang pada masa ini stimulasi seluruh aspek perkembangan berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya. Perlu disadari bahwa masa-masa awal kehidupan anak merupakan masa terpenting dalam rentang kehidupan seseorang anak. Pada masa ini pertumbuhan otak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat (eksplosif).

 

Kegiatan pengasuhan dan kegiatan belajar mengajar di Rumah Penitipan Anak Sabilillah ini bertujuan memberikan kasih sayang dan pengasuhan sebagaimana dirumah. Proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan dapat dilakukan oleh anak yang disiapkan oleh pendidikan melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, menyenangkan untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak, memotivasi anak untuk berfikir kritis, dan menemukan hal-hal baru. Pengelolaan pembelajaran hendaknya dilakukan secara demokratis, mengingat anak merupakan subjek dalam proses pembelajaran.

 

 

Memberikan layanan kepada anak usia 2 bulan s/d 6 tahunyang membutuhkan pendampingan optimal karena kesibukan orang tua.Memberikan pelayanan yang terkait dengan pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang, mendapatkan perlindungan dan kasih sayang, serta hak untuk berpartisipasi dalam lingkungan sosialnya. Bagi usia 2 bulan sampai 2,5 tahun, menyanyi belajar dengan flashcard, bermain sambil belajar, merangsang motorik kasar dan motorik halus.

 

Pembelajaran efektif

Senin – Jumat : 08.30 WIB-10.00 WIB

Pembelajaran bermain bebas

Sabtu   : 07.00 WIB-14.00 WIB

Usia 2,5 tahun sampai 4 tahun pembelajaran pengenalan angka, huruf, warna, kosakata dalam bahasa Inggris dan merangsang motorik kasar, melakukan pembiasaan perilaku positif, penanaman kemandirian dan disiplin serta pembinaan keimanan dan ketaqwaan (IMTAQ). Mengembangkan bahasa anak agar mampu berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Memberikan layanan pengasuhan, perawatan dan pendidikan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak.

 

Tempat Pelaksanaan

Gedung SMS Lantai II

Jl. Candi Kidal No. 06 Malang

Telp. 0821 3922 2559

Contact Person: Fifia Wandi, S. PdI  

Jadwal Masuk

a)      Senin – Jumat   : 07.00 WIB–16.00 WIB

b)      Sabtu                 : 07.00 WIB–14.00 WIB



Last Update: 11-11-2015 04:00
Home | Profil | Daftar donator | LSES | Berita | Kontak
Visit us Online:  Facebook Youtube
Hak Cipta 2013 LAZIS Sabilillah Malang