MQS (Madrasatul Quran Sabilillah)

AL-QURAN diturunkan sebagai kitab suci bagi umat Islam. Kandungan ayat-ayatnya menjadi petunjuk dan pedoman bagi manusia.Umat Islam mempunyai kawajiban untuk memelihara dan menjaga kesuciannya dalam rangka melestarikan keotentikan ayat-ayat Al- Qur’an Fiman Allah Swt dalam Surah Al Hijr 15: 9 :

Artinya: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguh- nya kami benar-benar memeliharanya.
Dengan adanya jaminan itu, tidak berarti umat Islam terlepas dari tanggung jawab dan kewajiban untuk memelihara kemurniannya dari tangan-tangan jahil dan musuh Islam yang tidak henti-hentin- ya berusaha mengotori dan memalsukan ayat-ayat Al-Qur’an. Oleh sebab itu umat Islam pada dasarnya tetap berkewajiban memeliharanya. Salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan kemurnian Al Qur’an ialah dengan menghafalkannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Madrasatul Qur’an Sabilillah atau yang saat ini sering disebut dengan MQS, lembaga bimbingan baca Al Qur’an khusus untuk dewasa yang dirintis sejak 5 tahun lalu oleh LAZIS Sabilillah. Selain kelas tahsin (Baca Qur’an) yang sudah berjalan sejak 4 tahun lalu, MQS dibawah asuhan Ust. Anas Basori Alwi, putra KH. Basori Alwi pengasuh Pondok Pesantren Ilmu Qur’an (PIQ) Singosari, MQS juga membuka kelas Tahfidz (Hafalan Qur’an) untuk se- gala usia. Dengan moto Tahfidz Ekslusif Khusus Untuk Karyawan, Mahasiswa dan Masyarakat Umum. Dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu ba’da Ashar, kini kelas tahfidz diikuti oleh setidaknya 25 orang peserta setiap minggunya. Para peserta’pun beragam, ada guru-guru madrasah dan sekolah umum, ada karyawan perusa- haan swasta di Kota Malang, bahkan ada beberapa anak-anak usia 10 sampai 12 tahun. Semuanya mengikuti bimbingan tahfidz dengan penuh semangat dan
tanpa putus asa. Memang secara pasti, kelas tahfidz yang ada saat ini tidak memberikan beban target kepada peserta untuk bisa selesai dalam hitungan bulan atau hari. Namun dalam perjalanan meningkatnya para jama’ah dan masyarakat umum yang mengikuti kelas Tahfidz, para ustadz semakin terpacu untuk memberikan bimbingan dan pembinaan secara maksimal. “Selain memberikan tips-tips cara mudah untuk menghafal, kami juga memberikan kartu control setoran yang mana berfungsi sebagai acuan setiap peserta untuk semakin giat menambah hafalan masing – masing pada setiap pertemuan. Berjalannya kelas Tahfidz, juga atas prakarsa dan dukungan dari Ustad Syafa’at al Hafidz Almarhum, yang juga merupakan dosen Universitas Islam Negeri Al Maliki Malang. Dengan antusias beliau pula beberapa murid didikannya yang juga senior-senior hafidz di UIN Maliki Malang menjadi Pembina serta guru-guru pembimbing di MQS khusus kelas tahfidz ini. Saat ini setidaknya 4 orang guru dikelas tahfidz yang aktif mengajar setiap hari Sabtu dan Minggu. “Pada dua tahun belakangan ini, seir- ing dengan semakin maraknya bimbingan maupun program-program tahfidzul Qur’an baik dilembaga-lembaga pendi- dikan keagamaan maupun di sekolah- sekolah umum formal menjadi pemacu
bagi kami untuk terus selalu berinovasi dan berusaha maksimal agar Al Qur’an bukan menjadi sekedar kitab suci saja, namun sebagai bacaan harian bagi seluruh umat Muslim di Kota Malang” Ust. Manzil H. selaku Koordinator Kelas Tahfidz menjelaskan. Pada akhirnya, tidak saja menjadi harapan yang sekedarnya karena seja- rah membuktikan dan Nabi Muhammad SAW-pun memberikan penghargaan yang sangat tinggi kepada para penghafal (hafiz) Al Qur’an. Beliau bersabada :  
“Umatku yang paling mulia adalah para penghafal Al Qur’an (HR. Tirmizi)  
Imam Abdul Abbas dalam kitabnya Asy-Syafi menjelaskan bahwa hukum menghafal Al-Qur’an adalah Fardu Ki- fayah. Jika kewajiban ini tidak terpenuhi, seluruh umat Islam akan menanggung dosanya. Oleh karena itu menghafal Al Qur’an (tahfizul Qur’an) menjadi bagian penting dalam Islam. Nash di atas hanya sebagian kecil saja yang menyebutkan tentang kemuliaan penghafal Al Qur’an, dan masih banyak lagi nash lain ynag menjelaskan hal tersebut. Ini mem- buktikan bahwa seorang penghafal Al qur’an (hafizh) mendapat derajat yang tinggi dimata Allah SWT. Amiin, Insya Allah..

 



Last Update: 09-11-2015 03:30
Home | Profil | Daftar donator | LSES | Berita | Kontak
Visit us Online:  Facebook Youtube
Hak Cipta 2013 LAZIS Sabilillah Malang