Santunan & Pembinaan Rutin Mustahik

SETIAP tanggal 10 , seluruh keluarga binaan LAZIS Sabilillah selalu datang di masjid Sabilillah guna mendapatkan santunan pendidikan bagi putra putrinya yang masih sekolah. Kedatangan tanggal 10 setiap bulan bagi keluarga binaan adalah hal yang wajib di hadiri karena sudah menjadi akad perjanjian di awal pengangkatan sebagai keluarga binaan. Acara rutin setiap bulan ini selain anak asuh mendapatkan santunan sekaligus bagi keluarga binaan ini adalah sebagai sarana pembinaan menuju keluarga yang sakinah dan sejahtera. Dalam acara rutin tersebut mustahiq diberikan pembinaan mental spiritual dan skill guna menjadikan mustahiq adalah keluarga yang sabar dalam ujian Alloh SWT, keluarga yang bertaqwa dan keluarga yang sungguh sungguh dalam mendidik anak dan dalam menjalani kehidupan ini. Acara rutin diawali dengan membaca istighotsah dan dilanjutkan dengan meteri pembinaan seperti ibadah, pendidikan anak, kesehatan keluarga hingga materi usaha.

Seperti yang disampaikan Ust Sofyan Arief (bag. Pendistribusian), bahwa pembinaan mustahiq di LAZIS Sabilillah adalah satu paket dengan santunan, baik santunan guru TPQ maupun santunan imam Musolla. Karena pembinaan adalah merupakan kunci dari upaya meningkatkan mustahiq menjadi lebih sejahtera dari sebelumnya. Tanpa adanya pembinaan mustahil akan ada perubahan bagi mustahik. Pendistribusian tanpa adanya pembinaan akan menjadikan mustahiq lebih ketergantungan pada lembaga, dan tidak akan menjadikan mustahiq jadi mandiri, Lanjut Sofian.

Dalam upaya pedistribusian LAZIS Sabilillah menekankan utama pada pembinaan mental spiritual, karena mental spiritual lah yang mampu merubah kondisi mustahiq untuk lebih berdaya dan mandiri. Karena pendistribusian Zakat, infaq shodaqoh masihlah sedikit atau belum mencukupi dibanding kebutuhan mustahiq secara total. Untuk itu upaya dan usaha keras mustahiqlah yang dapat menghantarkan diri mereka menuju kehidupan yang lebih baik.

Senada dikatakan Manajer Oprerasional (Ust Sulaiman) yakni pertama, esensi pendistribusian zakat adalah bahwa dana zakat diharapkan akan mampu mendekatkan diri mustahiq pada sang Kholiq (Yang Maha Pencipta) hingga Alloh SWT akan memberikan rahmatnya pada mustahik dan Alloh merubah kondisi mustahik menjadi lebih sejahtera. Kedua, LAZIS Sabililah sebagai fungsi masjid dalam pembinaan umat, tentunya pembinaan mustahiq akan mengarah pada peningkatan nilai-nilai spiritual menuju peningkatan ketaqwaan kepada Alloh SWT. Sebagai fungsi masjid yang tidak hanya mampu meningkatkan ketaqwaan pada jamaah saja namun juga mampu meningkatkan kesejahteraan pada jamaah.