Inovasi Pelayanan Qurban LAZIS Sabilillah - Fadilah Berqurban & Fadilah Memakmurkan Masjid

19-08-2017 05:31
Ibadah qurban adalah sarana mendekatkan diri kepada Alloh SWT dan sebagai bentuk kepatuhan kepasrahan hamba pada Tuhannya. Ibadah Qurban juga sebagai sarana sosial kemanusiaan dalam saling berbagi sesama umat untuk kebutuhan hidup yakni makanan.

Ibadah Qurban yang kita lakukan setiap tahun hendaknya selalu dievaluasi agar ibadah yang kita dilakukan tidak sebatas hanya kebutuhan ritual tahunan saja namun akan ada peningkatan – peningkatan yang mengarah kepada yang lebih baik dari kemaren khususnya untuk pelayanan qurban atau panitia qurban.

kebutuhan jamaah akan ketersediaan hewan qurban dalam pelaksanaan bulan qurban kita lihat hampir di semua daerah di pinggir jalan bermunculan bedak – bedak baru penyediaan penjualan hewan qurban untuk mereka yang mau berqurban di hari raya Idhul Adha atau bisa disebut hari raya qurban. Disisi lain juga kita jumpai bermunculan panitia-panitia qurban disana sini yang siap menerima dan mendistribusikan daging qurban jamaah. Tak lepas dari itu jasa transportasi sepeda motor, mobil hingga truk siap mengantarkan hewan qurban anda dari tempat pembelian menuju panitia qurban. Juga ada beberapa panitia qurban dalam mengambil simpati para pequrban dengan pelayanan yang praktis hanya bermodalkan leaflet dan brosur yang bertransaksi hanya lewan rekening bank dan memilih hewan qurban hanya dari gambar hewan qurban bertipe A hingga paket ekonomi.

Berdasar atas kebutuhan tersebut LAZIS Sabilillah ber inisiasi memberikan terobosan baru pelayanan qurban yakni “One Stop Service” dalam pelayanan qurban. One Stop Service dimaksudkan adalah segala keperluan pelaksanaan qurban sudah dalam satu pelayanan mulai dari memilih hewan qurban yang di inginkan, bertransaksi langsung pembelian, penyerahan penerimaan pada panitia yang di inginkan, transport gratis pengantaran, dalam masa penyembelihan sudah gratis biaya perawatan. Panitia LAZIS Sabilillah juga berikan pelayanan plus bagi pequrban jika menyalurkan hewan qurbannya melalui Masjid Sabilillah.

Pequrban boleh memilih hak hak pequrban diantaranya boleh menyembelih sendiri hewan qurbannya jika berkemampuan, mendapatkan sebagian daging qurbannya dengan mengambil sendiri ke tempat lokasi atau di antarkan ke rumah hingga menghadiri melihat langsung dimana hewan qurbannya di sembelih. Hewan qurban sehat sesuai syar’i juga menjadi hal yang mesti diperhatikan hingga selalu dalam pelaksanaan penyediaan dan penyembelihan hewan qurban selalu melibatkan dinas Kesehatan untuk melihat dan mengontrol kesehatan hewan qurban maupun daging qurban.

Sesungguhnya inovasi pelayanan One Stop Service LAZIS Sabilillah sudah di lakukan sejak beberapa tahun terahir. Namun Lazis terus mengembangkan pelayanan qurban menjadi lebih optimal, termasuk dalam pelaksanaan penyembelihan, hingga pada tahun2016 lalu penyelenggaraan pelaksanaan qurban LAZIS Sabilillah mendapatkan predikat percontohan panitia terbaik pelaksanaan penyembelihan hewan qurban di Kota Malang

Selain pelaksanaan qurban yang optimal, berqurban di Masjid akan mendapatkan kemulyaan dua hal yakni fadilah berqurban dan fadilah memakmurkan masjid. (red)