MARHABAN YA RAMADHAN

16-05-2018 06:58
Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam , di antara kewajiban yang Allah Taalawajibkan, dan telah diketahui dengan pasti bahwa puasa Ramadhan adalah bagian dari agama, serta berdasarkan kesepakatan (ijma) kaum muslimin. Barangsiapa yang mengingkarinya (kewajiban puasa Ramadhan), maka dia telah kafir.

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam , di antara kewajiban yang Allah Ta’alawajibkan, dan telah diketahui dengan pasti bahwa puasa Ramadhan adalah bagian dari agama, serta berdasarkan kesepakatan (ijma’) kaum muslimin. Barangsiapa yang mengingkarinya (kewajiban puasa Ramadhan), maka dia telah kafir.

Barangsiapa yang  berada di negeri tempat tinggalnya (mukim atau tidak bepergian) dan sehat, maka wajib menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sebagaimana firman Allah Ta’ala (yang artinya),” Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu” (QS. Al-Baqarah [2]: 185) Dan barangsiapa yang bepergian (musafir) atau sakit, maka wajib baginya mengganti puasa di bulan yang lain, sebagaimana firman Allah Ta’ala (yang artinya), “Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah : 185)

 Dari sini jelaslah bahwa tidak ada keringanan untuk tidak berpuasa di bulan tersebut, baik dengan menunaikannya di bulan Ramadhan atau di luar bulan Ramadhan kecuali bagi orang yang sudah tua renta atau orang sakit yang tidak diharapkan kesembuhannya. Kedua kelompok tersebut tidaklah mampu berpuasa, baik di bulan Ramadhan atau di luar bulan Ramadhan. Bagi keduanya terdapat hukum (aturan) lain yang akan datang penjelasannya, insyaa Allah.

TABEL QODHO & FIDYAH

No.

Orang yang boleh meninggalkan puasa

Qodho

Fidyah

1.

Anak Kecil

x

2.

a. Gila yang tidak disengaja

b. Gila yang disengaja

x

x

x

3.

a. Sakit yang ada harapan sembuh

b. Sakit yang tidak ada harapan sembuh

x

X

4.

Orang tua

x

5.

Orang berpergian (musafir)

x

6.

Orang hamil dan menyusui

a. Khawatir akan dirinya sendiri

b. Khawatir akan dirinya dan bayinya

c. Khawatir akan bayinya saja

 

 

x
x

7.

Haid

x

8.

Nifas

x

Keterangan : x artinya tidak wajib

 artinya wajib